Breaking News
Loading...

Info Post

Ngomong tentang wisata Flores itu pasti tidak akan habisnya; tempat wisata yang satu ini yaitu Air Terjun Cunca Rede. Cunca Rede merupakan nama sebuah tempat wisata alam yang terletak di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Lokasi wisata alam ini tepatnya berada di Kampung Ntaur, Desa Sano Lokom, Kecamatan Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur, Flores.
                        Hasil gambar untuk Air Terjun Cunca Rede
Jika dilihat dari arti kata dalam bahasa lokal atau bahasa ibu orang Manggarai; orang Manggarai merupakan salah satu suku yang mendiami Pulau Flores. Kata ‘Cunca’ berarti “air terjun”. Sedangkan ‘Rede’ merupakan ‘nama tempat wisata alam’ tersebut’. Jadi, ‘Cunca Rede’ jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah ‘Air Terjun Rede’. Terdengar lucu dan asing pastinya.
Banyak tempat wisata alam berupa ‘cunca’ atau ‘air terjun’ yang ada di tanah Flores, khususnya Manggarai. Seperti sebelumnya pernah dikisahnya, diantaranya Cunca Rami atau Tengku Lese . Dari semua cunca atau air terjun yang ada di wilayah Manggarai, Cunca Rede lah yang paling tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, Cunca Rede berada pada ketinggian kira-kira 70 meter. 
Selain pemandangan alamnya yang begitu asri, air terjun atau cunca ini berada tepat di bawah kaki Gunung Ranaka yang merupakan salah satu gunung berapi yang ada di tanah Manggarai.Pemandangan alam yang ada di sekitar Cunca Rede ini benar-benar masih alami. Di sekitar Cunca akan didapati tumbuhan-tumbuhan hijau yang seakan berfungsi sebagai selimut buat cunca ini. Warna airnya yang bening dan jernih dengan sebuah kolam pemandian yang selalu siap memanjakan dan menghilangkan rasa lelahmu saat menuju tempat ini.
Saat berada di tempat itu juga, kamu akan dihibur oleh musik dan nyanyian alam melalui suara kicauan burung-burung hutan, suara gemericik air yang jatuh dari dinding tebing, dan semilir angin yang berhembus perlahan. Semua itu akan membuat kamu makin dan kian betah berada lama-lama di tempat wisata yang satu ini.
                      Hasil gambar untuk Air Terjun Cunca Rede
Untuk mencapai tempat wisata cantik ini tidaklah sesulit dulu saat jalur transportasi belum baik dan lancar. Untuk saat ini sangatlah mudah untuk menuju ke Cunca Rede. Tentunya jika kamu memulai star perjalanan dari luar Pulau Flores, maka kamu harus dan rela mengeluarkan budget yang lumayan banyak.
Hal ini dikarenakan kamu harus menempuh perjalanan yang agak panjang. Jalur yang bisa digunakan untuk mencapai Pulau Flores adalah bisa melalui jalur laut (menggunakan Kapal besar Tilongkabila atau pakai Kapal Ferry) atau menggunakan jalur udara (pesawat terbang).
Nanti dari Labuan Bajo, kamu bisa menggunakan bus umum atau sewa sepeda motor ataupun mobil yang ada di Labuan Bajo menuju Kampung Nta’ur, Desa Sano Lokom yang ada di Kecamatan Ranamese, wilayah Kabupaten Manggarai Timur. Atau bisa juga kamu kembali menggunakan jalur udara dari Labuan Bajo menuju Ruteng. Sebab jarak dari Kota Ruteng ke daerah wisata ini lumayan dekat.
Sedangkan, jika kamu memilih alternatif jalur laut, maka butuh beberapa hari untuk bisa sampai ke Pulau Flores, khususnya wilayah daerah Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur. Tinggal sekarang dari kamu sendiri mau memilih rute yang mana; yang pasti disesuaikan juga dengan isi kantongmu.
Mungkin hingga saat ini, jalur transportasi hanya bisa sampai di Kampung Nta’ur. Sedangkan untuk bisa sampai ke Cunca Rede dibutuh fisik dan stamina yang oke karena kamu harus berjalan kaki kira-kira sejauh 1,5 kilometer menyusuri jalan setapak, berbukit, dan lereng.
Akan kamu abaikan rasa lelahmu saat tadi menyusuri lereng dan bukit, setelah tiba dan menikmati keindahan Cunca Rede yang selalu kamu rindukan. Dan mungkin buat yang baru ke sana, tempat wisata alam telah membuatmu penasaran dan seakan terus memanggil untuk bertandang.

0 komentar:

Posting Komentar