Breaking News
Loading...

Info Post
Apabila anda sedang berada di Pulau Kalimantan tak ada salahnya mampir ke Pulau Sulawesi, karena Pulau Sulawesi itu sendiri terletak diantara Pulau Kalimantan, tentu tidak terlalu jauh untuk menempuh perjalanannya. Jika anda menyukai wisata alam, maka pulau inilah yang cocok untuk anda kunjungi. Tidak hanya wisata alam saja yang ada di Sulawesi tapi juga wisata lainnya juga banyak namun sepertinya wisata alam sering dijumpai. Ingin tahu apa saja wisata yang ada di Sulawesi? berikut daftar tempat wisata menarik yang bisa dijadikan tujuan wisata anda selama berada di Sulawesi.

1. Malino
 
Malino merupakan termpat wisata yang terletak disulawesi selatan yang dapat memberikan pemandangan alam pegunungan yang sejuk dan memanjakan mata bagi pengunjungnya. letaknya sekitar 90 Km dari kota Makasar. Dalam perjalanan anda akan menjumpai dan dimanjakan dengan keindahan hutan pinus dan juga batu kapur. Selain menyajikan pegunungan, tempat ini juga banyak terdapat air terjun yang memang tidak  boleh anda lewatkan serta perkebunan teh, lembah biru serta wisata sejarah berupa bunker peninggalan jepang yang menarik juga.

2. Pantai Losari

Siapa yang tidak kenar dengan keindahan pantai Losari. Jika biasanya pantai dikenal dengan pasirnya, Pantai Losari tidak memiliki pasir. Jika Anda datang, Anda akan menemui beton di tepiannya. Tidak ada pasir bukan berarti pantai ini tak layak dikunjungi, ada banyak hal lain yang menarik dari tempat wisata ini.
Di sini, Anda bisa melakukan banyak hal yang menyenangkan seperti memancing, naik sepeda air atau banana boat, berlayar dengan perahu dan masih banyak lagi. Apa hal menarik lainnya dari sebuah tempat wisata? Tentu saja kulinernya. Ada banyak sajian kuliner khas Makassar yang bisa Anda nikmati di sini, mulai dari pisang epe, coto, sop konro sampai dengan es pallu butung.
Tempat wisata di Makassar ini ramai dikunjungi setiap hari terutama saat akhir pekan. Pada pagi hari, banyak yang menjadikannya sebagai lintasan jogging, sedangkan pada sore hari, banyak yang menunggu momen matahari terbenam sambil berwisata kuliner di sini.

3. Taman Nasional Bantimurung
 
Taman nasional ini terletak di Kabupaten Maros atau sekitar 45 km dari pusat kota Makassar. Tempat wisata ini luasnya mencapai 43.750 hektar dengan wilayahnya yang melingkupi bukit kapur, air terjun dan juga gua.
Taman Nasional ini sudah ada sejak dahulu, ditemukan oleh ahli botani dari Inggris, Alfred Russel Wallace. Saat itu, Wallace menyebut tempat ini sebagai kerajaan kupu-kupu karena ada sekitar 250 jenis kupu-kupu di sini. Kupu-kupu memang dijadikan maskot bagi tempat wisata ini.selain begitu banyak kupu-kupu, disini juga terdapat air terjun, batu kapur dan juga gua yang tidak kalah menawan juga.

4. Taman Laut Taka Bonerate
 
Lokasi taman laut ini ada di kota Benteng, Kepulauan Selayar.Bagi anda yang hobi menyelam maka tempat ini wajib anda kunjungi, keindahan karangnya sangat luar biasa, sayang sekali untuk dilewatkan. ada waktu terbaik untuk menyelam, yaitu antara bulan April – Mei. Pada saat itu, arus dan suhu air serta berbagai faktor pendukung lainnya sedang dalam kondisi baik sehingga jarak pandang saat menyelam pun menjadi sempurna.
Melihat gambarnya saja kita sudah bisa membayangkan betapa indahnya bawah laut taman Laut Taka Bonerate ini. Jangan lupa, untuk bisa liburan disini anda harus bawa kartu identitas diri, biaya yang dikenakan adalah 25.000 Rupiah untuk wisatawan domestik dan 60.000 Rupiah untuk wisatawan mancanegara. Jika ingin menyewa peralatan menyelam, Anda harus menyiapkan uang 250.000 Rupiah.

5. Pantai Tanjung Bira
 
Tanjung Bira terkenal dengan pasirnya yang selembut dan seputih bedak bayi serta airnya yang jernih kebiruan yang terletak disulawesi selatan.
Tanjung Bira menjadi salah satu objek wisata favorit di Makassar yang wajib dikunjungi. TIdak hanya oleh wisatawan domestik, tapi juga wisatawan mancanegara. Anda biasa berenang, berjemur, snorkeling atau hanya duduk menikmati pemandangan terbit dan tenggelamnya matahari. Jika lupa membawa alat snorkeling, Anda bisa menyewanya seharga 30.000 Rupiah. Ada juga sepeda motor yang disewakan 65.000 Rupiah per hari untuk berkeliling kawasan pantai ini.

6. Benteng Somba Opu
 
Tempat wisata yang satu ini yaitu Benteng Somba Ope, lokasinya ada di Jl. Daeng Tata, Makassar.Benteng Somba Opu adalah sebuah sistem pertahanan yang kuat mengingat benteng ini adalah pusat perdagangan dan pelabuhan rempah-rempah yang ramai dikunjungi pedagang asing dari Asia dan Eropa pada masa lampau. Di benteng ini tersimpan benda-benda bersejarah peninggalan Kerajaan Gowa. Bangunan ini memiliki nilai arsitektur yang tinggi. Bentunya segi empat, dengan panjang 2 km, berketinggian 7-8 meter, dan ketebalan dinding benteng mencapai 3.6 meter.

7.  Pulau Samalona
 
Satu lagi objek wisata bahari di Makassar yang harus anda kunjungi, Palua Samalona. Pulau ini luasnya kurang lebih sekitar 2,34 ha.
Bagi anda yang hobi menyelam, maka anda harus coba nyelam disini, tidak hanya wisatawan lokal yang tertarik untuk mengunjungi pilau Samalona, tetapi juga dari mancanegara.
Selain pengalaman menyelam yang seru di tempat ini, menikmati panorama sunset di tepian pantai di Pulau Samalona adalah sebuah hal lainnya yang patut Anda rasakan. Bermain-main di tepian pantai dengan hamparan pasir putih adalah cara yang populer dilakukan para penikmat perjalanan di tempat wisata Makassar yang satu ini. Mushola, toilet, saung, dan rumah makan adalah beberapa fasilitas publik yang tersedia di pulau Samalona selain pula Anda dapat menyewa penginapan di pulau tersebut.  

8. Pulau Kodingareng
 
Objek wisata ini terletak sekitar 14 Km dari kota Makaasr, pulau ini khusus untuk wisata, dan tidak berpenghuni.Daya pikat utama tempat wisata Makassar yang satu ini adalah pada air lautnya yang jernih dan bergradasi mulai dari warna biru muda, toska, hingga biru tua.
Wisata bahari pulau ini menjadi daya tarik wisatawan dari berbagai daerah dan negara. Biota laut di Pulau ini sangat mengagumkan dan indah. Pulau ini menjadi salah satu yang terfavorit di Makassar. 

9. Pulau Lae-Lae
  
Satu lagi objek wisata di Makassar yang tidak boleh anda lewatkan, Pulau Lae-Lae Kecil. Pulau ini bisa anda jangkau dengan dari dermaga kayu Bangkoa di Jalan pasar ikan No.28. Lokasinya tak jauh dari pantai losari dan benteng Fort Rotterdam.
Berkunjung ke pulau Lae-Lae tentunya tak lengkap jika tidak mencemburkan diri di pantainya. Pantai pasir putih dengan air yang jernih begitu sangat menggoda. Disekitarnya terdapat pohon yang orang-orang sebut dengan pohon ‘’Tammate’’ yang  semakin menambah eksotika di sekitar pantai di Pulau Lae-Lae ini. Pun terdapat gazebo yang terbuat dari bamboo untuk berteduh yang bisa disewa dengan harga 20.000-30.000 rupiah seharian.

10. Pulau Kayangan
  
Lokasinya berjarak sekitar 0.8 Km dari kota Makassar. Pulau terdekat dari Makasaar ini dapat ditempuh dengan mengunakan kapal motor selama 15 menit dari dermaga wisata Pulau Kecil Kayangan tidak jauh dari benteng Fort Rotterdam.
Dengan hamparan pasir yang putih Pulau Kayangan memilik daya tarik tersendiri dengan fasilitas yang cukup lengakap. Permainan air seperti banana boat, jetsky, dan kolam renang juga tersedia di Pulau ini. Selain itu anda juga dapat berenang dan sun bathing di pinggir pantai dan duduk santai menikmati keindahan pulau dengan lautnya yang biru. Selain aktifitas air, menikmati matahri terbenam menjadai slah satu daya tarik sendiri dari Pulau Marrouw.
Kamu dapat menikmati pesona Pulau Kahyangan sehari penuh dengan sepuasnya tanpa bermalam di pulau Kahyangan. Karena setiap jam sekali akan ada kapal motor yang datang dan pergi ke Pulau kecil Kayangan.


11. Pantai Akkrena
 
Pantai Akkarena berada di pesisir pantai tanjung bunga dengan luas 10 hektare, pantai Akkarena dilengkapi dengan taman seluas 450 m2 dengan arsitektur bangunan bergaya mediterania.
Taman ini berada tepat di pesisir pantai dan menyediakan berbagai macam aneka kudapan baik yang bergaya internasional maupun tradisional Makassar. Tidak hanya itu, taman ini juga dilengkapi juga dengan sound system, layar LCD dan hiburan live musik.
Pantai ini juga memiliki wahana rekreasi dan olahraga air seperti jetski, banana boat, speed boat dan boat kecil. Salah satu sudut yang menyajikan keindahan pantai ini adalah sebuah dermaga laut yang menjadi landmark Akkarena. Panjang dermaga 150 meter dengan lebar 5 meter. Disinilah kita bisa menikmati keindahan matahari terbenam di perairan Selat Makassar. Dermaga ini juga digunakan untuk pendaratan kapal-kapal wisata berukuran kecil dan sedang.

0 komentar:

Posting Komentar